Wisata Wonosobo yang Wajib Dikunjungi

Bagi banyak orang, Wonosobo selalu diidentikan dengan Gunung Dieng. Padahal Wonosobo juga punya banyak tempat-tempat menarik lho. Salah satu kabupaten yang terdapat di Jawa Tengah ini menyimpan banyak tempat indah yang bikin kita wajib ke sana. Apa saja kira-kira...

Agrowisata Tambi

Tambi adalah agrowisata kebun teh. Begitu sampai ke ladang teh, harum semerbak wanginya bakal memanjakan hidungmu. Belum lagi suhu udaranya yang berkisar sekitar 15 derajat Celcius bikin kamu betah di sana.

Kompleks Candi Arjuna

Candi Arjuna berdiri semenjak abad ke tujuh. Di tempat ini banyak arca dan relief, yang membuatmu berasa seperti di India.

Wisata Petak 9 Dieng

Petak 9 Dieng adalah pintu masuk terbaik untuk melihat pemandangan Telaga Warna yang terkenal karena warna-warninya. Dari atas sini, kamu bisa melihat gradasi warna secara utuh.

Waduk Wadaslintang

Waduk ini terkenal sebagai bangunan waduk tinggi di Indonesia. Bahkan ketinggian bangunannya mencapai 125 meter. Kecantikan panorama alamnya sungguh sangat menggoda, apalagi bagi yang memiliki hobi memancing, Waduk Wadaslintang adalah surga.

Pemandian Air Panas Kalianget

Sekilas tampilannya memang sepi, tapi justru itulah keistimewaannya. Kamu tak perlu berdesakan dengan orang lain untuk menikmati pemandian air panas ini.

Curug Winong

Lokasi Curug Winong ada di Desa Winongsari. Air terjun ini memiliki sebuah fitur spesial yaitu kamu bisa menuruninya dari atas karena bebatuan tertata secara alami, seperti jalan atau tangga menurun.

Sumur Jalatunda

Apa yang spesial? Sekilas hanya genangan air biasa yang berwarna kehijauan. Ternyata, sumur ini berdiameter hingga 90 meter. Terlebih lagi, katanya sumur ini membawa peruntungan bagi yang melempar kerikil di dalamnya. Untuk sampai ke sumur, kamu harus mandaki 257 anak tangga.

Batu Ratapan Angin

Namanya memang unik. Seolah menggambarkan bahwa hembusan udara bisa menangis. Sayangnya, nama itu didapatkan justru dari rasa kagum terhadap pemandangan di bawahnya. Batu Ratapan Angin adalah tempat terbaik untuk melihat Telaga Pengilon dan Telaga Warna.

Gardu Pandang Dieng

Gardu pandang ini terletak di tepi jalan kawasan Dieng. Ketinggiannya mencapai 1.700 meter di atas permukaan laut. Dari gardu pandang ini, kamu dapat melihat kecantikan dataran tinggi Dieng. Momen yang paling spesial adalah saat matahari terbit.

Teater Dataran Tinggi Dieng

Bangunan megah ini merupakan gedung pemutaran film dokumenter tentang Dataran Tinggi Dieng. Judul film dokumenter yang diputar biasanya berjudul Bumi Kahyangan.

Telaga Merdada

Telaga Merdada adalah telaga yang paling luas di dataran tinggi Dieng. Telaga ini mirip kaldera letusan gunung berapi beribu tahun silam yang kemudian digenangi air. Cantik!

Gunung Prau

Gunung Prau berada di ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut. Puncak gunung ini mendapat prestasi sebagai puncak terbaik untuk melihat matahari terbit di Asia Tenggara.

Nah, siap-siap packing ke sana yuk!